curhatibu.com

Mengapa Saya Nge-Blog (Review My.Cef)

Apa itu my.cef?

ia adalah..... <<<my.CahayaEmbunFajar>>>

Ingin berkisah sejenak, mumpung lagi tidak ada topik yang ingin saya tulis. Kisah tentang blog ini.

Sudah hampir 2 tahun usianya. Januari 2011, saya mulai nge-blog. Awalnya, iseng, karena ingin punya tempat untuk menulis. Nah, sekarang, juga masih iseng *lhah*. 

Blog ini sudah berubah nama entah keberapa kali. Dari yang pertama, saya inget betul, "Naylatul Izzah".
Nama kosan pertama di Undip, sekaligus nama kelompok liqa saya di STAN. Untuk memberi nama ini bahkan saya izin dulu sama temen liqanya, saya ingat betul waktu itu saya bilang ke mba ziyy, "Mbak, izin pake namanya buat blog saya yaa...". Dan mba ziyy mengizinkan, dan berpesan, kurang lebih, "Yang rajin ya ngisi blognya :)"

Dan rupanya, jangan bilang beliau ya.. :p
Blog beliau adalah salah satu blog yang menginspirasi saya untuk kemudian masuk ke dunia blogging. Meski masing iseng :), belum yang serius-serius amat -_-. Dan, beberapa blog temen beliau juga sering saya kunjungi hingga membuat saya berkeinginan membuat sendiri :D

Nah, sampai saat ini, alhamdulillah, banyak manfaat yang saya dapatkan dari blog ini. Apa saja?

Tempat Curhat
Gimana ni? Iya, saya kan orang yang tak terlampau suka berkisah dengan lisan. Kalaupun kepaksa, maka hasilnya akan belibet. Tidak banyak orang yang kemudian paham dan ngerti apa yang saya maksud. Jadinya, saya nge-blog. Biar ngga jamin juga yang baca ngerti, tapi memang ngga masalah. Justru saya lebih suka membuat curhatan saya terbungkus dengan kisah sok-fiktif, atau dengan tulisan yang sok-menggurui, atau mencatut ilmu ini itu yang sebenarnya di dalamnya ingin curhat >.<. 

Mengapa begini mengapa begitu? 
Mencurahkan perasaan itu bisa dibilang semacam kebutuhan. Pilihannya, apakah ia akan mencurahkannya pada manusia, pada barang, pada tulisan, atau yang lebih 'wow' adalah pada Allah yang memang lebih tau permasalahan kita. Nah, saya, yang suka lewat tulisan, memilih blog ini. Gimana ya, ada rasa lega saja ketika sudah menuliskan apa yang menjadi persoalan hati kita. Meskipun, bukan ditulisakan langsung apa yang dirasa (malu lah!). Dan mencurahkannya dalam bentuk kisah, atau yang saya sebutkan tadi, sangat menyenangkan. Karena bisa berbagi dengan yang lain. Eh, siapa tahu ada yang mengalami hal serupa. :)

Dokumentasi Ilmu
Ini yang kedua.  Pernah denger kan, "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Hehe, maka saya menulis hikmah yang saya temukan, ilmu yang saya dapatkan, kutipan2 penyemangat, di sini. Ya, bisa aja sih menulisnya di buku, tapi kan ga bisa fleksible dibawa kemana-mana. Eh, kan siapa tahu, ada yang baca juga, dan butuh materi tertentu, tapi orangnya nan jauh di sana. Alhamdulillah bisa berbagi juga, selain menyimpan apa yang saya pelajari/dapatkan

Menoreh Sejarah
Sejarah? Sejarah diri sih. Hehe... kan dulu konon kabarnya, zaman sejarah dimulai sejak adanya tulisan. sejak itu lebih rapihlah catatan peristiwa yang terjadi berikutnya. Nah, di blog juga begitu. Ya, saya ingin menuliskan setiap fase hidup saya di sini. Bukan untuk apa-apa, sekedar untuk kenangan manis kala nanti anak cucu membacanya <selama ga ada penggusuran si blogspot>. Khususnya juga untuk kenangan diri, karena pastinya, pada sesuatu yang bisa dikenang, ada pelajaran yang sayang jika terbuang. Maka biarlah ia lekat dalam benak untuk menjadikan diri belajar menjadi sosok yang lebih bijak. 

Perkenalan Diri
Hehe...kadang suka susah menyebutkan bagaimana diri. Maka, biasanya sih, apa yang ditulis adalah apa yang dipikir. Jadi, ya lihat saja di tulisan a.k.a blognya. Misalnya, dari sifatnya, dari kesukaan, kecenderungan, afiliasi, hobi, aktivitas, keluarga, bla bla bla. Meskipun hal ini bukanlah ukuran mutlak, dan tergantung juga tipe blognya. 

Emang apa aja tipe blog itu?
Ada blog yang isinya campur-campur; ada yang isinya satu jenis tulisan (puisi saja; cerpen saja; gambar karyanya saja; resensi saja), ada yang isinya produk jualan dia, ada yang isinya bisnisnya, ada yang membahas tema tertentu saja, dan seterusnya.

Pun, dari situ kita akan tahu, kecenderungan dan aktivitas di penulis itu apa sih... :)

~Itu. Manfaat lainnya apa lagi ya?~

Mendapat Teman Baruuu :)
Sesama blogger, atau orang yang tak sengaja atau sengaja berkunjung di blog; orang yang menjadi pembaca terang-terangan, sampai yang silent reader; yang menoreh komen atau cukup membaca artikel, atau menengok tulisannya; dan seterusnya. Ini saya anggap teman baru, hhe..biarpun ngga kenal. Karena bisa jadi, hanya belum kenal. Bisa jadi kan suatu saat bertemu seseorang, lalu nyeletuk, "Blogmu yang ini kan?". Nah lho.. akhirnya berteman :) alhamdulillah...

Sarana Perbaikan Diri
Iya lho. Dari tulisan yang kita tulis, sembari nulis sembari ngaca pada diri, "koq belum bisa kayak gitu ya?" ayo ayo, harus bisa!

Termasuk, perbaikan dalam hal tulisan atau materi yang kita tampilkan dalam tulisan. Beberapa kali ada koq yang kasih kritik, kasih masukan, atau menambahkan pendapatnya. Wah, itu kan seru ya.

Tidak Langsung Ketahuan
Maksudnya? Hhe.. Jadi gini teman-teman, dulu saya lebih sering nulisnya di notes fb. Tapi, kalau nulis notes fb yang sebagian besar teman saya, suka kadang ngrasa ngga enak kalau lagi curhat, meski curhatnya dibungkus macem-macem. Maka, beralihlah saya kepada blog, yang tidak langsung ketahuan apa yang lagi saya rasakan. hehehe... begitu :)

Ini juga termasuk, tidak langsung ketahuan kalau salah. Nah lho? Di atas kan sarana perbaikan diri? Koq bertentangan? Hehehe.. iya... Sejujurnya, kadang diri masih memasang tameng besar-besar dalam menerima kritik. Jadinya, untuk tulisan-tulisan tertentu yang bisa menimbulkan kontroversi macem2, atau tulisan aneh, mending saya masukkan saja di blog. Saya merasa lebih bebas ngomong aja kalau di blog. :)

Share Mimpi dan Harapan
Mengapa butuh di-share? Supaya lebih banyak yang tau. Untuk apa banyak orang yang tau? Tidak lain, untuk beroleh tambahan doa 'mustajab' dari pembaca yang seringnya tidak kita ketahui siapa. Selain itu, siapa tau ada yang punya mimpi dan harapan sejenis, dan bisa saling disinergikan, kan seru. Kekuatan jadi lebih besar, semangat juga lebih kuat! Saling menguatkan. Alasan lain, kalau ada orang yang tahu, eh, suatu saat semangat kita lemah, atau kita sudah lupa impian itu karena sibuk dengan aktivitas lain, bisa jadi ada yang oleh Allah dikirim untuk mengingatkan kita. Enak ga tuuuh! Alhamdulillah yaak.. :)

Gitu teman-teman. Manfaat yang lain, saya yakin masih banyak! Teman-teman pasti punya sederet manfaat lain dalam nge-blog. Bisa dishare juga lho :) Saya nulis ini juga terinspirasi dari temen-temen yang melakukan hal serupa, menuliskan manfaat yang didapat dalam nge-blog.

Begitu. Eh tentang si CEF, tampilan sekarang adalah yang terbaru. Lebih rapi sih, dan lebih mudah untuk memilih tulisan yang ingin saya baca. Terutama karena sekarang saya tambahkan label di atasnya, dan sudah saya pilah berdasarkan kategori2nya :) jadi lebih mudah. 

Harapan saya, semoga blog ini tidak hanya memberi manfaat untuk diri saya, melainkan juga untuk teman-teman. Minimal, ada hikmah yang didapat dari kekurangan dan ketidaksempurnaan dari tulisan yang ada pada blog ini. :) 

Terimakasih ya.. :) Mohon doanya
Jazakumullah khairan katsiran

2 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)